Senin, 28 April 2014

TUGAS 4 PEREKONOMIAN INDONESIA

1.    A) Pengertian pasar ?
Pada dasarnya manusia itu tidak akan lepas dari adanya keinginan, keinginan tersebut terjadi karena ingin merasakan kepuasan. Salah satu contoh untuk memuaskan keinginan dalam segi kebutuhan rohani dan jasmani adalah dengan cara berbelanja, tempat orang berbelanja itudiantaranya adalah di pasar.
Pasar adalah tempat berinteraksinya antara penjual dan pembeli. Ciri tempat yang bisa dikatakan pasar yaitu ada segi interaksi dan proses jual beli. Fungsi utama pasar adalah , fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi. Sebagai fungsi distribusi, pasar berperan sebagai penyalur barang dan jasa dari produsen ke konsumen melalui transaksi jual beli. Sebagai fungsi pembentukan harga, di pasar penjual yang melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan. Sebagai fungsi promosi, pasar juga dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru dari produsen kepada calon konsumennya.
Maka dari itu untuk memuasakan kebutuhan dari segi rohani dan jasmani bisa dengan cara berbelanja guna mendapatkan kepuasan dari keinginan tersebut.
b) Jenis-jenis pasar yang diketahui ?
ada 4 jenis pasar yang saya ketahui yaitu :
1.     Jenis-jenis pasar menurut fisiknya
Pasar konkret (pasar nyata) adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual melakukan transaksi secara langsung. Barang yang diperjualbelikan juga tersedia di pasar. Contohnya, pasar sayuran, buah-buahan, dan pasar tradisional.
Pasar abstrak (pasar tidak nyata) adalah terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli hanya melalui telepon, internet, dan lain-lain berdasarkan contoh barang. Contohnya telemarket dan pasar modal.

2.     Jenis-jenis pasar menurut waktunya
·         Pasar harian adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setiap hari dan sebagian barang yang diperjualbelikan adalah barang kebutuhan sehari-hari.
·         Pasar mingguan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung seminggu sekali. Biasanya terdapat di daerah yang belum padat penduduk dan lokasi pemukimannya masih berjauhan.
·         Pasar bulanan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikan barang yang akan dijual kembali (agen/grosir).
·        Pasar tahunan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setahun sekali, misalnya PRJ (Pasar Raya Jakarta).
3.     Jenis-jenis pasar menurut Bentuknya
·         Pasar barang konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
·         Pasar sumber daya produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, tenaga ahli, mesin-mesin, dan tanah.
·         Jenis-jenis pasar menurut luas kegiatannya
·         Pasar setempat adalah pasar yang penjual dan pembelinya hanya penduduk setempat.
·         Pasar daerah atau pasar lokal adalah pasar di setiap daerah yang memperjualbelikan barang-barang yang diperlukan penduduk derah tersebut. Contohnya Pasar Gede di Solo.
·         Pasar Nasional adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli barang mencakup satu negara contohnya pasar senen.
·         Pasar Internasional adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli barang-barang keperluan masyarakat internasional. Contohnya pasar kopi di Santos (Brasil).

4.     Jenis-jenis pasar menurut sifat pembentukan harga
·         Pasar persaingan sempurna (terorganisir)
·         Pasar persaingan tidak sempurna
·         Jenis-jenis pasar menurut sifat pembentukan harga
·         Pasar persaingan adalah pasar yang pembentukan harga ditentukan oleh persaingan antara permintaan dan penawaran.
·         Pasar monopoli adalah pasar yang penjual suatu barang di pasar hanya satu orang. Contohnya PT Kereta Api Indonesia.
·         Pasar duopoli adalah pasar yang penjualnya hanya dua orang dan menguasai penawaran suatu barang dan mengendalikan harga barang.
·         Pasar oligopoli adalah pasar yang di dalamnya terdapat beberapa penjual dengan dipimpin oleh salah satu dari penjual tersebut mengendalikan tingkat harga barang. Contohnya perusahaan otomotif Astra Indonesia.
·         Pasar monopsoni adalah pasar yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh satu orang atau sekelompok pembeli.
·         Pasar duopsoni adalah pasar pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh dua orang atau dua kelompok pembeli.
·         Pasar oligopsoni adalah pasar yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh beberapa orang atau beberapa kelompok pembeli.
·         Sistem ekonomi pasar bebas disebut juga sistem ekonomi liberal, yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menentukan dan mengatur sendiri kegiatan ekonomi sesuai dengan kemampuannya sendiri-sendiri tanpa adanya campur tangan dan hambatan dari pemerintah. Kebebasan ini meliputi semua kegiatan ekonomi, bahkan masyarakat dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan masyarakat luar negeri. Dalam sistem ini harga ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran atau menurut mekanisme pasar.

2.    Bagaimana sistem pasar bebas dapat berlaku di indonesia ? jelaskan min 50 kata.
Sistem ekonomi pasar bebas disebut juga sistem ekonomi liberal, yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menentukan dan mengatur sendiri kegiatan ekonomi sesuai dengan kemampuannya sendiri-sendiri tanpa adanya campur tangan dan hambatan dari pemerintah. Kebebasan ini meliputi semua kegiatan ekonomi, bahkan masyarakat dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan masyarakat luar negeri. Dalam sistem ini harga ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran atau menurut mekanisme pasar.

Ciri-ciri sistem ekonomi pasar bebas adalah sebagai berikut:
a.            Alat dan sumber produksi dapat dimiliki dan diatur oleh perseorangan, masyarakat, atau perusahaan.
b.            Terdapat pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kelas pekerja atau buruh dan kelas pemilik modal.
c.             Terjadi persaingan diantara para pengusaha untuk memperoleh laba atau keuntungan sebesar-besarnya (profit motive).
d.            Pemerintah tidak melakukan campur tangan dalam pasar. Campur tangan negara dibatasi hanya pada hal-hal yang tidak dapat diusahakan oleh swasta tetapi menjadi syarat terselenggaranya pasar bebas, misalnya keamanan negara.

Kelebihan sistem ekonomi pasar bebas adalah sebagai berikut:
a.            Setiap individu bebas memiliki kekayaan dan sumber daya produksi.
b.            Inisiatif dan kreatifitas masyarakat dapat dikembangkan.
c.             Terjadi persaingan antar produsen untuk menghasilkan barang yang bermutu.
d.            Efisiensi dan efektifitas tinggi karena tindakannya selalu didasarkan pada prinsip ekonomi.

Kelemahan sistem ekonomi pasar bebas adalah sebagai berikut:
a.            Adanya eksploitasi terhadap masyarakat ekonomi lemah oleh pihak yang kuat ekonominya.
b.            Menimbulkan terjadinya monopoli sehingga merugikan masyarakat.
c.             Munculnya kesenjangan ekonomi antara golongan ekonomi kuat dengan golongan ekonomi lemah.
d.            Perekonomian dapat dengan mudah menjadi tidak stabil.

Diterbitkan di: 22 Juni, 2011  
3.    Masalah-masalah apa saja yang dihadapi perekonomian indonesia  bila dilihat dari aspek produksi ? min 4 aspek.
Masalah Ekonomi yang dihadapi perekonomian Indonesia adalah masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari hari baik masalah dalam jual beli, tawar menawar ataupun ekspor impor. Berdasarkan pada keterbatasan pada sumber daya yang ada maka manusia harus memilih barang-barang mana yang perlu dihasilkan agar mendapatkan hasil kepuasan yang maksimum. Karenanya, timbullah 4 aspek dari masalah-masalah pokok ekonomi berikut ini:
Apa (What)
1.      Barang dan jasa apa saja yang akan  diproduksi dan dalam jumlah bera, harus ditentukan. Dari sekian banyak barang dan jasa, manakah yang harus dipilih untuk diproduksi!. Keputusan produksi tidak lagi hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan, namun juga untuk menghasilkan keuntungan maksimum.
Bagaimana (How)
Dengan cara bagamana proses produksi akan dilakukan? Apakah akan mendatangkankeuntungan yang besar? Apabila terdapat barang modal berupa bangunan apakah akan dijadikan kantor atau gudang? Bila  terdapat sebidang tanah apakah akan digunakan? Ditanami padi, jagung, atau tebu? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus dijawab dengan bijaksana. Salah melakukan produksi akan berakibat pada kerugiaa, Kelebihan atau kekurangan produksi juga dapat menimbulkan kerugian, karena aktivitas produksi membutuhkan biaya. Dengan cara bagaimana (who) proses produksi akan dilakukan? Maksudnya adalah siapa yang akan melaksanakan, menggunakan sumber daya  apa saaja, dengan teknologi apa barang-barang tersebut dihasilkan, dan seberapa besar skala produksinya. Hai ini dibutuhkan dalam  rangka penyesuaian perkembangan zaman. Beberapa faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan ini yaitu: (1).Pilihan kombinasi sumber daya yang digunakan.
(2) Perencanaan proses produksi untuk mendapatkan keuntungan. (3)Penentuan teknologi yang digunakan.
(4) Pertimbangan faktor eksternal: harga, perekonomian, suku bunga, biaya produksi,inflasi, valuta asing dan lain-lain.
Siapa (Who)
Di zaman modern,  banyak pihak yang bisa melakukan produksi seperti, pemerintah, swasta, atau koperasi. Inilah salah satu modernisasi, yaitu spesialisasi. Spesialisasi berarti setiap pihak memiliki keterampilan dan keahlian khusus  yang tidak dimiliki pihak lain. Pertimbangan mengenai pelaku produksi merupakan hal yang penting  karena setiap pihak memiliki kelebihan untuk memproduksi lebih baik.
Untuk Siapa (For Whom)
ini berkaitan dengan masalah penyaluran atau membagi habis produksi kepada para konsumen. konsumen terdiri atas berbagai tingkatan dan dipengaruhi oleh jenis kelamin, agama, budaya, tingakat pendidikan, tingkat penghasilan, lingkungan dan sebagainya. sehingga barang-barang dapat diproduksi untuk masyarakat umum (semua konsumen) atau segolongan konsumen tertentu. produsen dapat memilih kelompok (segmen) konsumen mana yang akan dituju berdasarkan keadaan pasar.










  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar